Peramal Abal-Abal

Sumber Gambar : www.google.com


Selalu ada saja hal-hal menyenangkan yang membuat gue merasa nikmat menjalani hidup, salah satunya adalah rezeki yang datangnya nggak disangka-sangka dan nggak pernah gue duga, apalagi gue ramalkan, maklum gue bukan seorang Peramal, jadi nggak bisa meramal, coba aja gue seorang Peramal, pasti gue juga nggak tahu kapan rezeki itu datang karena gue nggak bisa meramal, coba aja gue bisa meramal, pasti gue juga nggak bakalan tahu kapan rezeki itu datang karena gue bukan Peramal.

Rezeki tersebut mengalir aja kayak air, walaupun terkadang mampet karena tersumbat, tapi itu sesuatu yang wajar menurut gue, saluran pencernaan aja bisa tersumbat, apalagi rezeki gue yang absurd ini, tersumbatnya-pun juga nggak terlalu lama, biasanya sehari atau dua hari dompet gue kering, sisanya terisi lagi. Inilah salah satu hal yang harus banget dan kudu banget gue syukurin, dompet kering nggak lama dan apabila terisi cukup buat kebutuhan hidup gue, sumpah nikmat cukup itu luar biasa.

Emang benar kata orang yang nggak pernah gue kenal namanya siapa, alamatnya dimana dan mukanya seperti apa “Hidup itu dijalanin, dinikmatin dan disyukurin”, kalimat ini terjadi kedalam hidup gue. Gue menjalanin hidup sama seperti kebanyakan orang pada umumnya, makan dan minum apabila lapar dan haus, bisa bernafas sebelum meninggal dan nggak bernafas lagi apabila sudah meninggal, gue juga menikmatin hidup sama kayak kebanyakan orang pada umumnya, tertawa apabila itu lucu dan nggak tertawa apabila itu nggak lucu serta gue mensyukurin setiap nikmat sama seperti orang pada umumnya dan sabar apabila dikasih bala atau musibah sama seperti kebanyakan orang pada umumnya, sabarnya apabila iman lagi kuat, apabila lagi lemah, mengeluh juga.

Apa aja yang dinikmatin dan disyukurin pasti bakalan terasa berkahnya, walaupun nggak seberapa banyaknya, baik itu keluarga, apalagi istri bakalan terasa nikmat, maksudnya berumah tangga, bukan urusan ranjang, loe ngeres terus pikirannya, coba kayak gue selalu mikirnya kesana juga, beda sama halnya banyak, tapi nggak disyukurin dan cuman dinikmatin aja, pasti nggak berkah.

Intinya syukur adalah kunci utama agar berkah dengan cara jalan yang halal, kalimat gue ini bisa disalah-artikan sama orang absurd, harta curian terus dia syukurin, bersyukur karena berhasil mencuri, itu terlalu absurd dan itu udah masuk dalam kadar gila. Gue harap loe semua nggak seabsurd itu dan segila itu, cukup gue aja, absurd itu berat, seberat beban dibelakang Emak-Emak naik motor matic yang lampu sennya ke kanan terus belok ke kiri, sumpah itu ujian terberat dalam hidup gue, jika gue menabrak itu Emak-Emak, bukan hanya omelan sebatas amarah yang gue terima, tapi juga intimidasi yang membuat hormon pertumbuhan gue terhambat.

Masalah utama dari nggak cukup ini selain karena nggak bersyukur, ada juga faktor memenuhin gaya hidup, rela berhutang riba hanya demi membeli sesuatu yang diinginkan dan yang lebih parah lagi, rela mengambil uang rakyat hanya karena tuntutan nafsu, sungguh terlalu, padahal uang tersebut dari hutang riba, sumber daya alam dan pajak terus di korupsi, luar biasa akhlak kalian.


16 comments:

Obat Sakit said...

abal-abal apa saja bidangnya malah bikin susah mas

himawan sant said...

Oh, ... jangan terpengaruh dirimu ikutan hutang demi membeli sesuatu yang diinginkan.
Ntar malah jadi pusing ujungnya 😁

Sabda Awal's Blog said...

bersyukur adalah kunci ditambahnya rezeki. Bersyukur dengan berbagi pasti akan lebih mantap lagi, InsyaAllah ga mampet lagi

Andi Nugraha said...

Bener sih dengan kita mensyukuri hidup, dengan itu juga kita menikmatinya. Lebih baik membeli sesuai kebutuhan ya, Mas. Terkadang banyak dari kita lebih mementingkan keinginan daripada kebutuhan.

Aku ya kadang gitu suka terpancing ingin ini itu, tapi suka pikir ulang lagi. Dan selalu ngasih pertanyaan ke diri sendiri. Kira-kira ini kebuttuhan atau keinginan? Gitu..

Sehat selalu, Mas semoga terus bisa berbagi lewat tulisan terus ya.

satria salju said...

Yaa!! Intinya tuhan bisa mengukur batas kemampuan yang kita bisa....

Termasuk Rezki bila dikasih sedikit kita meski tetap bersyukur..karena tuhan maha tahu apa yang kita butuhkan dan tidak...Jadi intinya kita pun harus bisa menyigapinya..

Meski terkadang banyak manusia yang mengeluh soal rezeki yang sedikit, karena butuh ini dan itu...

Yaa!! mungkin itulah perangai buruk manusia dalam kehidupan, yang terkadang suka merasa khilaf..😄😄😄

Idris Hasibuan said...

Sama seperti umumnya,, perumpamaan ya gokil semua yaa

GE MAULANI said...

Iyalah hidup mah banyakin bersyukur aja biar merasa cukup dan kerasa berkahnya.

Fransisca Williana Nana said...

Walaupun saya mengangkut beban batin karena kadang menyetir dibelakang emak-emak naik motor matic, tapi itu semua bisa teratasi hanya dengan saya berdoa dan bersyukur dalam hati. Bersyukur karena hebatnya perkembangan jaman. Jaman kini dimana emak-emak sudah handal naik motor matic dengan belok kanan tapi sent ke kiri. Emak-emak jaman now sudah bisa buka acara jebakan batman. Uwow X))

willynana.blogspot.com

Sungai Awan said...

peramal abal-abal bukannya malah untung malah jadi buntung di kemudian harinya
namanya juga ramalan kadang bisa benar bisa salah

Blogger Hanafi said...

dengan bersyukur...rezeki dan nikmat bertambah

AuL Howler said...

Bukan lagi
Kurang bersyukur inilah jadinya yang bikin banyak orang nggak bahagia trus sinting trus jadi aneh aneh bin ajaib deh tingkahnya di sosmed -__-

Anisa said...

Betul banget,syukur itu kunci utama agar hidup kita jadi berkah:)

Septian Dwi Cahyo said...

hidup itu harus terus bersukur, maka rezeki akan datang dan jadi berkah.

BTW kalau seandainya ketemu ibu-ibu yang naik motor metik dengan lampusennya, apakah kita harus bersukur, apa tidak iya ?

Rosanna Simanjuntak said...

Aku juga jadi ikut-ikutan phobia tuh setiap lihat emak-emak naik motor atau mobil, apalagi kalau lampu sennya hidup.
Mending aku dibelakangnya saja laa.
Gak pa-pa deh, biar aja terlambat. Aku rela, rela, rela.

Nathalia DP said...

Semoga kita selalu jd org yg bersyukur ya :)

Liana said...

terima kasih buat artikelnya, jadi di-note kalo kita harus bersyukur selalu :)
*tumbenberfaedah :p

Post a Comment